`
Mitos Buaya Putih Penunggu Kali Pemali Daerah Brebes

Menurut sebagian warga Desa Dumeling Kecamatan Wanasari yang berada didaerah sungai Pemali, biasanya sebelum ada kejadian korban tenggelam akan ada isyarat-isyarat mistis tertentu.  Biasanya sebelum ada kejadian, ada riak-riak air yang aneh, atau penampakan penunggu sungai berupa buaya putih yang sudah menjadi mitos warga sekitar sungai Pemali.

Menurut kepercayaan sebagian warga, Lembudana-Lembudini digambarkan sebagai mahluk halus berwujud ular yang berkepala kerbau. Yang mendiami aliran Pemali Desa Dumeling hingga Desa Kertabesuki, Wanasari. Selain terdapat Lembudana-Lembudini, konon di sepanjang Pemali dari Pengempon Brebes juga terdapat penunggu sungai berupa mahluk buaya putih. Dan di daerah Matras dipercaya warga sebagai pasar gaib tempat transaksi dan kumpulnya para jin dan mahluk halus lainnya.

Setiap tahunnya, penunggu sungai Pemali dipercaya warga seringkali meminta korban jiwa sebagai tumbal. Tetapi, para korban, biasanya bukan penduduk lokal, tetapi warga dari luar desa dan belum didapati korban berasal dari warga desa Dumeling yang berada disebelah timur jalan. Menurut cerita warga, dahulu leluhur Dumeling berkelahi dan berhasil mengalahkan penunggu sungai. Mereka kemudian membuat kesepakatan untuk tidak mengambil korban warga lokal.

Belum lama ini terjadi insiden meninggalnya tiga orang anak kecil di sungai tersebut, dan korban berasal dari luar desa Dumeling. Hal tersebut menjadikan mitos sungai Pemali tersebut menjadi semakin kuat. Jika dilihat kondisi sungai tersebut dangkal dan hanya setinggi lutut saja ketika musim kemarau. Anak-anak di desa Dumeling banyak yang sering bermain di sungai tersebut namun tidak pernah terjadi apa-apa. Saat dilakukan evakuasi, terdapat 7 lubang misterius yang berada didalam sungai, dan diduga para korban terperosok kedalam lubang tersebut.

Post a Comment

 
Top