`
Legenda Misteri Dewi Lanjar Penguasa Laut Utara Pekalongan Antara Mistis dan Real
foto.viva .coid

Tak banyak memang yang mengetahui legenda dari cerita Dewi Lanjar bermula dari cerita rakyat yang mengisahkan seorang wanita bernama Dewi Rara Kuning. Masyarakat pekalongan juga mempercayai bahwa Rara Kuning menjadi tidak berlapa lama setelah pernikahannya, hal ini disebabkan karena suami dari Rara Kuning meninggal dunia. Dari sinilah kemudian Rara Kuning dijuluki sebagai Dewi Lanjar yang memiliki arti seorang wanita janda belia.

Tidak seperti apa yang ia harapkan, ternyata kehidupan Rara Kuning sangat menderita terlebih karena statusnya sebagai seorang janda. Tak berapa lama dari kejadian tersebut Dewi Lanjar kemudian memilih pergi dari kampunya untuk menghilangkan kedukaannya.

Perjalanan Rara Kuning sampai di ujung kali opak, ditempat ini ia bertemu dengan Panembahan Senopati yang terkenal sebagai Raja dari Kerajaan Mataram yang pada waktu itu sedang melakukan semedi di tengah sungai opak. Herannya, Raja Mataram tersebut bersemedi di atas permukaan air sungai sehingga terlihat mengambang/ mengapung.

Atas dasar wejangan dari Panembahan Senopati akhirnya Rara Kuning diperintahkan untuk bersemedi di pinggir pantai selatan sampai ditemui oleh Kanjeng Ratu Kidul. Tanpa berfikir panjang Rara Kuning yang sedang kalut langsung pergi menuju pantai selatan untuk melaksanakan semedinya sebagaimana yang ditunjukkan oleh Raja Mataram hingga akhirnya ia dapat bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul. Hal ini nantinya akan menjadikan sebuah cerita tentang pesugihan Dewi Lanjar yang banyak dipercaya oleh masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Dari pertemuannya dengan Ratu Kidul Dewi Lanjar diangkat sebagai pengikutnya sekaligus diberikan tugas untuk menggoda seseorang yang bernama Raden bahu yang pada waktu itu sedang melakukan pembukaan hutan sebagai tempat mendirikan sebuah kerajaan. Singkat cerita Dewi Lanjar bersama ribuan pasukan Kanjeng Ratu Kidul tidak berhasil dalam mengganggu niat dari Raden Bahu tersebut. Karena kejadian ini pula Dewil Lanjar merasa malu dan tidak berani kembali menghadap kepada Kanjeng Ratu Kidul di pantai selatan. Lantas karena hal itu pula Dewi Lanjar diperintahkan untuk mendirikan kerajaan gaib di pantai utara jawa oleh Kanjeng Ratu Kidul.

Secara perlahan masyarakat sekitar mempercayai bahwa Dewi lanjar merupakan ratu penguasa laut utara pulau jawa. Sama halnya Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong, Dewi lanjar juga merupakan sosok gaib berpenampilan layaknya seorang wanita yang sangat cantik dan mempesona bagi siapa saja yang melihatnya.

Dalam cerita rakyat berbagai daerah seperti pekalongan jawa tengah Dewi Lanjar juga digambarkan sebagai makhluk gaib yang menjadi Ratu di Pantai Utara Jawa. Bahkan dalam beberapa dekade kepercayaan masyarakat tentang keberadaan Dewi Lanjar menjadi dogma tersendiri dengan beranggapan jika terjadi kecelakaan (orang terseret ombak) di pantai utara khususnya utara pekalongan masyarakat beranggapan bahwa kejadian tersebut merupakan kehendak Dewi Lanjar yang menjadikan korban sebagai pengikutnya.

Post a Comment

 
Top