`
Dibalik Kemegahan Bangunan Universitas Gajah Mada (UGM) Ternyata Menyimpan Banyak Kisah Misteri


Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Salah satu universitas ternama di Indonesia, hanya sekian orang yang beruntung dapat kuliah di sana. Dibalik hiruk pikuknya mahasiswa yang menuntut ilmu di sini, ada banyak cerita mistis yang beredar. Boleh percaya boleh tidak, kenyatanya saya belum menemukan bukti otentik dari cerita2 yang beredar itu. Yang jelas saya sendiri orang yang selalu positive thinking dan sama sekali belum pernah dan tidak akan pernah mau mengalami hal mistis di kampus UGM.

Tapi untuk refreshing dan menambah wawasan bolehlah kita bahas beberapa kisah-kisah hantu di UGM. Wilayah UGM sendiri dulunya (dan sampai sekarang) adalah tanah milik kraton. Katanya dulunya sih tempat itu hutan2 terbukti dari banyaknya pohon gede dan tua di sana. Seperti di deket fakultas kehutanan (emang kayak hutan di sana) dan di utara rektorat.

Satu tempat lagi yang angker adalah Masjid Kampus UGM! Bagi yang belum tahu dulunya sebelum dibangun masjid, tanah MASKAM itu adalah bukit kuburan cina, menyeramkan bukan. Tapi mungkin karena banyaknya aktivitas agama di tempat itu, aroma mistisnya tidak terasa lagi, Untuk memuaskan rasa penasaran anda saya sudah kumpulkan beberapa kisah dan cerita hantu di seputar UGM.

Hantu jembatan fakultas pertanian
Ada yang cerita soal jembatan penghubung antara Fakultas Kedokteran Hewan gedung lama sama Fakultas Pertanian, katanya sih di situ sering ada penampakan sosok hantu mbak-mbak kalau malem. biasanya yang lihat tu yang jalan menuju jalan kaliurang (jadi melintang lewat bawah tu jembatan). Tapi sering tidak keliatan mungkin karena daerahnya selalu ramai motor plus mobil karena jalan2 di kampus UGM juga jalan umum, bahkan kadang jadi akses utama masuk kampus, jadi mbak-mbaknya jarang menampakkan diri.

Hantu Kepala melayang dan kuntilanak di Geografi

Penampakan ini dialami oleh Bayu mantan warga Jamaah Musholla Geografi (JMG) yang saat kuliah sering menginap di kampus di malam hari dia sering melihat penampakan kuntilanak dan kepala perempuan melayang di sekitar kampus fakultas geografi. Tapi di daerah sekitar situ, perempatan jalan kaliurang deket magister manajemen, hutan kampus, dan selokan mataram memang dilaporkan sering terlihat penampakan sesosok putih seperti kuntilanak yang melayang di udara.

Hantu Mbak Yayuk ”mahasiswi abadi” fakultas ekonomiMenurut cerita hantu yang disebut Mbak Yayuk ini pernah ketangkep di CCTV malem-malem. Katanya Mbak Yayuk ini sebenarnya “mahasiswa abadi”, mungkin dia lagi mau ngurus skripsi. karena menurut cerita, dia dulu ditolak skripsinya terus bunuh diri, main lompat begitu saja. sekarang ini hantunya masih eksis, cuma dia pindah ke gedung M.Si nya. Masih di kompleks FE juga sih, cuma untuk post-graduate nya. mungkin dia udah lulus sekarang dan melanjutkan studi. tapi usut punya usut Mbak Yayuk ini sekarang lebih sering menghantui wilayah FIB. Why??

Hantu di Swaragama
Ada juga cerita dari gedung-gedung tua di selatan, depan kopma, perpustakaan unit dua juga di sana, terdiri dari tiga lantai. lantai pertama digunakan untuk data, administrasi, mushola, dan cybernet. lantai kedua murni untuk buku-buku perpustakaan. nah lantai tiga officially hanya untuk operasional radio universitas; Swaragama.

Menurut kabar dari penyiar-penyiar lama; saat mereka bekerja sendiri atau sedang piket malam, kadang-kadang mendengar atau merasakan aktifitas lain di lantai tiga. jadi seolah-olah lantai itu juga ada yang menggunakan untuk keperluan akademik atau perpustakaan. padahal kalau malam kan tidak ada pelayanan semacam itu untuk mahasiswa, karena perpustakaan akan ditutup pada jam 4 sore.

Ini ada cerita dari mantan penyiar swaragama ” Konfirmasi Crew Swaragama: “Gan…kebetulan saya adalah crew Radio Swaragama yang pernah ber kantor di lantai 3 gedung UPT unit 2, memang kalo agan2 naik dr lantai 2 ke lantai 3 rasanya agak “beda”, apalagi selepas jam 8 malam (UPT tutup jam 8 malam), disitu yg paling “rame” gan! sering terdengar suara kursi diseret dan “aktifitas2″ yang lain terutama di ruang baca! Serem deh gan…para penyiar otomatis melewati daerah itu, karena studio ada di lantai 4 dan operasional siaran 24 jam! silahkan kapan2 agan uji nyali di tempat itu…dijamin ngacir gan!! hehehe…tapi untungnya sekarang dah pindah kantornya…

Post a Comment

 
Top