`
Legenda Misteri Hantu Sumiati dan Kisah Warga yang Bertemu Sumiati


Sedikit bergeser ke beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 1980-1999 masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan di gemparkan dengan sebuah kisah hantu yang sangat melegenda. Sosok hantu wanita dengan wujud menyeramkan dikenal dengan nama hantu atau setan Sumiati. Hantu ini dikisahkan sebagai hantu mengerikan yang sering menampakkan wujudnya di hampir setiap sudut Kota Makassar, bahkan sampai ke pelosok-pelosok daerah.

Bagi warga Sulawesi Selatan kisah legenda hantu sumiati tentu tidak asing bagi mereka. Kisah legenda hantu ini sudah dikisahkan sejak belasan tahun yang lalu, dimana hantu ini disebut sebagai hantu wanita yang sering mengganggu para pria yang berbaju merah. Seperti kisah-kisah legenda lainnya, hantu sumiati pun di ceritakan dalam berbagai versi.

Berdasarkan kisah sejarah yang banyak beredar Sumiati dahulu kala dikisahkan sebagai seorang wanita cantik yang merantau ke Kota Makassar. Hidup sebatang kara di tanah Makassar yang keras justru mampu membuat sumiati menjadi wanita yang digilai banyak pria. Namun, paras cantiknya justru menjadi asal mula petaka yang menimpanya yang juga merenggut kewanitaan dan nyawanya. Sumiati menjadi korban pemerkosaan oleh banyak orang pria, malangnya saat itu ia sama sekali tidak bisa mengidentifikasi pelaku ia hanya mengingat jika salah satu pelakunya berbaju merah. Sedih, tersakiti dan merasa sangat terhina Sumiati bunuh diri karena tidak sanggup menanggung malu.

Sumiati dikisahkan bunuh diri dengan menggantung dirinya di sebuah jembatan yang berada di sekitar Fort Rotterdam. Mayatnya di temukan warga beberapa hari kemudian dan akhirnya di bawa ke Rumah Sakit Pelamonia Makassar. Sejak kematian Sumiati terornya pun di mulai.

Setelah beberapa tahun kematiannya, hantu Sumiati dikisahkan bangkit dari alam kubur dan ingin membalas perbuatan bejat yang di terimanya. Kisah tersebut di mulai sekitar tahun 90-an yang diawali dengan kisah penampakan hantu wanita di pohon beringin tua di salah satu kawasan hutan lindung di Sulawesi Selatan. Kisah penampakannya sempat menggegerkan banyak orang, bahkan hingga merambah ke berbagai sudut kota di Makassar.

Kisah penampakan hantu Sumiati yang paling terkenal adalah penampakan hantu wanita di daerah Fort Rotterdam, daerah pantai Losari dan juga di Rumah Sakit Pelamonia dimana jasadnya dimandikan sebelum di kuburkan.

Baca Uga : 

Konon hantu legendaris ini tidak berbahaya saat ia tampak dengan baju putih-putih, namun hal tersebut berubah saat ia menampakkan wujudnya dengan baju merah. Konon, menurut kisah legendanya jika hantu Sumiati menampakkan wujudnya dengan berbaju merah maka ia meminta korban.

Kisah Seorang Warga yang bertemu Hantu Sumiati

Pada tahun 1997 an, seorarng warga tetangga desa sedang naik motor menuju rumahnya. Saat itu dia baru pulang kerja. Kondisinya sudah larut malam, mungkin sekitar pukul dua dini hari. Jam segini di jalan raya sudah pasti sunyi. Kendaraan pun jarang terlihat.

Saat dia sedang bawa motor, alangkah terkejutnya dia melihat seorang perempuan melambai-lambai ke arahnya. Seperti meminta dia untuk memberi tumpangan. Saat itu dia mengacuhkan perempuan itu. (Mungkin dia pikir wanita itu bukan wanita baik-baik, lagipula mencurigakan di tengah malam-malam menghentikan motor).

Setelah membawa motor beberapa meter, ia kembali terkejut, karena ada perempuan yang melambai-lambai. Tetapi masalahnya, itu adalah perempuan yang tadi!!!

Dia dari kejauhan memperhatikan kaki perempuan itu. Memang tidak ada kakinya. Perempuan itu melayang!.

Teman kakak saya langsung tarik gas habis. Setelah melewati cewek itu, dia tetap merasa tidak enak. Jadi dia coba mengintik ke belakang lewat kaca spion. Alangkah terkejut soalnya perempuan itu terbang mengejar.

Untungnya dia tidak diapa-apain. Akhirnya selamat sampai di rumah dan menceritakan ke keluarga. Keesokannya dia juga cerita ke temannya (salah satunya kakak saya). Kata teman yang lain, itu kalau tidak salah adalah rumah tempat tinggal Sumiati dulunya. Tetapi mengapa mengejar teman kakak, masih tidak jelas. Untungnya tidak terjadi kecelakaan gara-gara penampakan saat membawa motor.

Post a Comment

 
Top