`
Misteri Keberadaan dan Asal Usul Mak Lampir Dari Gunung Merapi


Cerita Misteri Mak lampir  asal-usulnya dari gunung merapi Sumatera, tetapi ada juga yang berpendapat Mak lampir atau nenek lampir asal usul dari di Jawa lantaran ada gunung merapi juga di jawa.Banyak versi cerita mak lampir berasal dari jawa atau sumatera.Tentu sebagian banyak orang mengenal tokoh mak lampir setelah di tayangkannya film mak lampir dengan judul Misteri Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu di setasiun televisi.

Ada juga yang meragukan bahwa cerita misteri mak lampir adalah kisah nyata dan benarkah mak lampir itu ada?.Mak lampir yang dalam film Misteri Gunung Merapi yang di perankan oleh Farida Pasha di ceritakan sebagai tokoh yang begitu menakutkan,tetapi dalam versi cerita sejarahnya Mak lampir terkandung pula kisah moralnya.

Cerita Rakyat sejarah mak lampir di Sumatera, adalah cerita rakyat yang di ceritakan orang-orang dari kaki gunung marapi atau berapi yang terdapat di propinsi Sumatera Barat, tepatnya di kabupaten Agam (Bukit Tinggi) secara turun temurun.

Kisah sejarah mak Lampir ini dapat begitu terkait dengan legenda 7 manusia harimau yang juga datang dari Sumatera Barat, beberapa di propinsi Bengkulu serta Lampung, sesungguhnya mak Lampir adalah seseorang putri dari kerajaan kuno Champa, kerajaan Champa kata (Champa) diambil dari bhs Vietnam Chiêm Thành dengan arti kerajaan yang pernah kuasai daerah yang saat ini termasuk juga Vietnam Tengah serta Selatan, di prediksikan pada era ke-7 s/d 1832.

Pada suatu kisah mak Lampir yang kala itu masih wanita cantik jatuh cinta dengan pimpinan dari pasukan harimau, pimpinan dari pasukan harimau itu yaitu Datuk Panglima Kumbang, lantaran cintanya tak di restui oleh ke dua orang tuanya, lalu ia di buang, serta mak Lampir mengambil keputusan untuk lakukan pertapaan di gunung marapi sumatera.

Dalam pertapaannya ia berjumpa dengan seseorang petapa yang sekalian jadi guru mak Lampir, hingga pada akhirnya mak Lampir mempunyai kemampuan yang sakti serta susah untuk di tandingi.

Sesungguhnya Datuk Panglima Kumbang juga menyukai mak Lampir, walau demikian begitu di sayangkan mak Lmpir tak tahu bakal hal semacam itu, sepanjang mak Lampir di buang, ia selalu mencari Datuk Panglima Kumbang, namun tidak pernah berjumpa, hingga pada akhirnya mak Lampir serta Datuk Panglima Kumbang di pertemukan dalam satu pertempuran, yang selesai dengan tewasnya si Datuk Panglima Kumbang.

Baca Uga : 

Ketika Mak Lampir mengetahui cintanya Datuk Panglima Kumbang untuk dirinya, ia juga begitu menyesal, dengan kesaktian yang di milikinya, ia mengikat jiwa Datuk Panglima Kumbang ke bumi dengan konsekwensi badan serta muka cantiknya beralih jadi jelek serta menyeramkan dan begitu menakutkan seperti nenek-nenek yang di sebut nenek lampir.

Dengan harapan satu waktu sang Datuk Panglima Kumbang yang menduga bertemu dengan makhluk jahat serta jelek rupa, bisa mengerti kalau ia yaitu sang putri serta terima kembali cintanya dengan tulus, walau demikian tuhan berkehendak lain, sesudah Datuk Panglima Kumbang hidup kembali, bukanlah cinta yang di temui mak Lampir, malah Datuk Panglima Kumbang memiliki pendapat kalau mak Lampir yaitu Setan serta penebar teror pada orang-orang, tersebut awal peperangan gaib berlangsung pada Hitam serta Putih.

Sedangkan dalam Cerita Kisah Sejarah Mak Lampir versi lain juga di katakan, mak Lampir adalah manusia yang mencari jalan agar bisa hidup abadi kekal serta pada akhirnya bersekutu dengan Jin serta Setan untuk wujudkan semua, mak Lampir hidup sampai beberapa ribu th. hingga di juluki mak Lampir atau nenek lampir.

Misteri Kisah Mistis  Asal Usul Mak Lampir Di Pulau Jawa

Diceritakan Mak Lampir yang telah bersekutu dengan iblis dan menjadi manusia setengah iblis berkelana dari swarna Dwipa sampai ke pulau Jawa dengan keinginannya yaitu untuk menyempurnkan ilmu kesaktian yang telah di pelajarinya.Serta pada akhirnya konon juga membangun kerajaan iblisnya alam ghaib di puncak gunung merapi di pulau Jawa.

Mak Lampir manusia iblis yang tidak mati sampai hari kiamat kelak,dan yang namanya iblis selalu bertujuan mengganggu manusia.Mak Lampir begitu terkenal hingga sekarang di ceritakan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia.Namun cerita rakyat legenda sejarah Mak Lampir kadang hanya di anggap mitos atau tokoh fiksi orang jaman dulu,yang timbul pertanyaan Benarkah Mak Lampir atau nenek lampir ada?

Karena begitu terkenalnya kisah cerita misteri Mak Lampir sampai-sampai tokoh ini di jadikan film yang salah satunya berjudul Misteri Gunung Merapi,akan tetapi belum dapat di yakinkan semuanya keakuratan sumber kisah misteri cerita rakyat itu.

Post a Comment

 
Top