`
Misteri Wanita Jadi Batu di Gua Thang Raya Kalimantan Barat


Gua Thang Raya di Sanggau tak hanya menampilkan sisi eksotis. Namun juga penuh misteri. Gua Thang Raya tersebut berada di Dusun Pemodis, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat


Bagian dalam gua batu ini rupanya cukup luas. Di dinding-dindingnya berbatu, dengan beberapa sisi atapnya berbatu besar sehingga jalanan yang dilewati ke dalam cukup sempit. Akar-akan pohon juga ada yang menggantung di langit-langit, di sela-sela batu.

Yupinus Gius warga asli Dusun Pemodis bercerita. Yang pertama soal dahulu gua ini dihuni oleh penduduk asli setempat. Bebatuan yang di sana pun ada yang dulunya digunakan sebagai meja makan dan kebutuhan lainnya. Kemudian ada bencana hujan batu, angin ribut melanda. Namun belum ada informasi pasti kapan bencana berlangsung.

Baca Uga : 


Kemudian Yupius menunjuk sebuah baju yang terletak di salah satu sudut gua. Batu ini cukup besar dengan permukaan yang tidak rata. Konon batu tersebut dulunya adalah seorang wanita hamil. Sebelum sepenuhnya menjadi batu, ia ditemukan saat hanya setengah bagian tubuh saja yang telah membatu, setengahnya masih normal.

"Waktu itu masih segini badan tangan sudah batu. Maniknya (kalung) masih ada," ujar Yupius.

Setiap hari penduduk di perkampungan yang tak jauh dari gua datang membawakan makanan. Hingga akhirnya wanita setengah batu itu mengatakan kalau mungkin penduduk sudah jemu memberi makan setiap hari, bisa memutuskan kalungnya agar ia sepenuhnya menjadi batu.

"Lama kelamaan bilang dengan orang kampung, kalau memang sudah jemu ngasih makan, ngasi apa-apa dengan saya, putuskan manik saja langsung jadi batu. Dah itu orang kampung pun nggak pernah ngasi makan ke sini," jelasnya.

Selain wanita yang telah menjadi batu itu, konon ada pula kucing peliharaan penduduk di gua yang menjadi batu. Percaya tak percaya, cerita inilah yang beredar di penduduk setempat.

Post a Comment

 
Top